Terbongkar! Inilah Rahasia Ruang Bawah Tanah Candi Borobudur Yang Tak Diketahui Orang



Bookmark Pedia – Candi Borobudur merupakan salah satu tempat destinasi wisata yang paling populer di Indonesia. Tidak hanya masyarakat lokal saja yang datang ke tempat ini, melainkan banyak orang asing yang menjadikan lokasi ini sebagai tujuan utamanya.

Salah satu keindahan yang dimiliki Indonesia adalah candi Borobudur. Candi yang sangat megah dan menawan ini mampu mendatangkan banyak wisatawan lokal maupun mancanegara. Berbagai rahasia candi Borobudur berusaha dibongkar oleh para ilmuwan. Salah satunya adalah ruang bawah tanah.

Dikabarkan, candi Borobudur memiliki ruang bawah tanah yang berfungsi untuk saluran air pada zaman lalu, seperti yang dilansir di teamtouring.net (28/05/18). Selain itu, bagian bawah candi Borobudur pada waktu itu adalah sebuah danau. Helmy Muwanto, seorang dosen, mengungkapkan, “danau ini sangat luas dan saat itu masih belum ada peradaban,” seperti yang dilansir di palingseru.com (28/05/18). Dikabarkan danau purba tersebut memiliki lebar kurang lebih 8 kilometer, seperti yang dilansir di palingseru.com (28/05/18).


Sebenarnya banyak ilmuwan yang datang ke candi Borobudur demi meneliti adanya danau purba ini. Para peneliti ini pun datang dari mancanegara, salah satunya adalah Jepang, seperti yang dilansir di viva.co.id (28/05/18).


Ada sekian banyak keunikan-keunikan pada candi ini. Oleh karena itu, kita patut bangga dengan kekayaan Indonesia yang melimpah ruah dalam bidang pariwisata ini. Bagaimana menurut Anda? Semoga artikel ini bisa memberi wawasan baru untuk Anda.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Terbongkar! Inilah Rahasia Ruang Bawah Tanah Candi Borobudur Yang Tak Diketahui Orang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel